IMPLEMENTASI METODE AL-NAHD}IYYAH TERHADAP KEMAMPUAN BACA AL QUR’AN DI PENDIDIKAN ANAK USIA DINI PADA PAUD AL FATTAH JARAK KULON JOGOROTO JOMBANG

Main Author: KHOFSOH, NUR
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://eprints.unipdu.ac.id/126/1/BAB%20I.pdf
http://eprints.unipdu.ac.id/126/
Daftar Isi:
  • Sebuah metode yang dapat mempercepat proses penguasaan membaca al-qur’an. metode tersebut adalah metode al-nahd}iyyah. Metode ini lahir dari Lembaga Pendidikan Ma’arif NU Tulungagung bersama dengan para kyai dan para ahli di bidang pengajaran al-qur’an dan sebagai bagian dari metode Islam terbukti bahwa metode al-nahdiyyah berkembang pesat dan diterapkan di berbagai daerah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan dan proses evaluasi implementasi metode al-nahdiyyah terhadap kemampuan baca al-qur’an di pendidikan anak usia dini pada PAUD Al Fattah Jarak Kulon Jogoroto Jombang. Untuk mendapatkan gambaran mendalam mengenai implementasi metode al-nahdiyyah dalam belajar membaca al-qur’an dengan pendekatan kualitatif. Teknik dalam mengumpulkan data meliputi observasi partisipatif, wawancara, dokumentasi, analisis data dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa: 1) Pelaksanaan penerapan metode al-nahdiyyah dalam belajar membaca al-Qur’an di PAUD Al Fattah. 2) Evaluasi penerapan metode al-nahdiyyah dalam belajar membaca al-Qur’an di PAUD al Fattah Kata kunci : Metode al-Nahdiyyah, Belajar Membaca al-Qur’an