INOVASI METODE IQRA DALAM PEMBELAJARAN AL-QUR’AN DI TPQ BAITUL HIDAYAH TUGUSUMBERJO PETERONGAN JOMBANG

Main Author: ERMAWATI, RIRIN
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://eprints.unipdu.ac.id/1245/
Daftar Isi:
  • Membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar adalah kewajiban bagi setiap umat Islam. Namun, kenyataannya sampai saat ini masih ada sebagian anak belum bisa membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar. Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui inovasi pelaksanaan pembelajaran membaca Al-qur’an melalui metode Iqra sehingga mempermudah para santri dalam membaca Iqra.Dalam pembelajaran membaca Al-Qur’an banyak metode atau cara penyampain yang cepat dan tepat dari masa ke masa, metode yang di gunakan harus sesuai dengan kebutuhan peserta didiknya. Maka dari itu TPQ Baitul Hidayah Tugusumberjo Peterongan Jombang Inovasi metode Iqra dalam pembelaran Al-Qur’an menggunakan metode cara belajar santri aktif ( CBSA), Privat, Asistensi, dan Komunikatif, karena dapat membantu anak-anak membaca al-Qur’an dengan baik dan benar.Penelitian ini adalah penelitian Kualitatif dengan pendekatan Deskriptif dilaksanakan di TPQ Baitul Hidayah Tugusumberjo. Informasi pengumpulan data dilakukan dengan metode Observasi, Wawancara, Dokumentasi. Hasil penelitian dilakukan dengan teknik klasikal, baca tulis, dan teknik privat, dengan teknik tersebut maka santri dapat membaca dengan baik dan benar. Kata Kunci: Metode Iqra dalam pembelajaran Al-Qur’an.