PENGARUH KEMAMPUAN GURU MENGENAL NAMA SISWA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 BANGSAL MOJOKERTO
Main Author: | Sardi, Kanti Wilujeng |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unipdu.ac.id/1243/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan mengetahui bagaimana kemampuan guru mengenal nama siswa, motivasi belajar siswa dan pengaruh kemampuan guru mengenal nama siswa terhadap motivasi belajar siswa kelas X pada mata pelajaran pendidikan agama Islam di SMAN 1 Bangsal Mojokerto. Jenis penelitian ini adalalah kuantitatif dengan metode pengumpulan data observasi, angket, wawancara serta dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan prosentase dan regresi linier sederhana, sampel penelitian sebanyak 60 responden. Prosentase kemampuan guru mengenal nama siswa sebesar dan prosentase motivasi belajar siswa kelas sebanyak hasil analisis data regresi linier sederhana diperoleh F hitung sebesar 4,652 dengan nilai sig. (p.value) sebesar 0,035. Karena sig. (p.value) < 0,05, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Atau 0,035 < 0,05, maka keputusan yang diambil adalah Ho ditolak dan Ha diterima. Kesimpulannya bahwa ada pengaruh antara kemampuan guru mengenal nama siswa terhadap motivasi belajar siswa kelas X pada mata pelajaran pendidikan agama Islam di SMAN 1 Bangsal Mojokerto. Kata Kunci: Pengaruh, mengenal nama siswa, motivasi belajar