IMPLEMENTASI PENGELOLAAN KELAS AKTIF BERBASIS KARAKTER DALAM MEMBENTUK PRIBADI YANG BERTANGGUNG JAWAB DI SDIT AR RUHUL JADID JOMBANG

Main Author: Khasanah, Zahro’ Imroatul
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://eprints.unipdu.ac.id/1241/
Daftar Isi:
  • Pendidikan tidak cukup hanya berhenti pada memberikan pengetahuan yang paling mutakhir, namun harus mampu membentuk dan membangun keyakinan dengan karakter yang kuat kepada setiap peserta didik, sehingga mampu mengembangkan potensi dirinya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi pengelolaan kelas aktif berbasis karakter di SDIT Ar Ruhul Jadid Jombang, apakah mampu membentuk pribadi siswa yang bertanggung jawab. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif diskriptif dengan jenis penelitian lapangan (field research). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis dengan menggunakan model Miles dan Huberman yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Kesimpulannya bahwa pengelolaan kelas aktif berbasis karakter terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi/ penilaian yang mampu membentuk pribadi yang bertanggung jawab tidak hanya di kelas saat pembelajaran saja, tetapi di luar kelas dan di rumah. Hal ini dibuktikan dengan nilai rapot siswa pada ranah afektif yang selalu meningkat setiap semesternya. Kata Kunci: Implementasi, Pengelolaan Kelas Aktif, Pendidikan Karakter, Tanggung Jawab