PROBLEMATIKA PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN AL-TAISI<R DALAM MEWUJUDKAN KEMAMPUAN BACATULIS AL-QUR’AN DI SEKOLAH DASAR PLUS DARUL ‘ULUM JOMBANG
Main Author: | Yaqin, Ainul |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unipdu.ac.id/1239/ |
Daftar Isi:
- Penulis tertarik untuk melakukan penelitian berkaitan dengan permasalahanpermasalahan pembelajaran baca-tulis al-Qur’an yang diterapkan di SD Plus Darul ‘Ulum Jombang, dalam upaya untuk mencapai pembelajaran BTQ yang lebih bermutu. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui sejauh mana Problematika penerapan metode pembelajaran al-taisi>r dalam mewujudkan kemampuan baca-tulis al-qur’an pada siswa kelas II di Sekolah Dasar Plus Darul ‘Ulum Jombang. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data diperoleh melalui observasi langsung ke lapangan, wawancara serta dokumentasi yang mana hal tersebut berkaitan dengan permasalahan penerapan metode pembelajaran Al-Taisi>r dalam mewujudkan kemampuan baca-tulis al-qur’an. Penerapan metode al-Taysi>r dalam mewujudkan kemampuan baca-tulis alQur’an di Sd Plus Darul ‘Ulum sejauh ini sudah baik. Meskipun ada beberapa permasalahan / prolematika, baik faktor peserta didik, faktor sebagian pendidik dan faktor eksternal. Ini dapat diketahui dari prestasi yang dicapai dan proses kegiatan yang dilaksanakan oleh siswa dan guru yang selalu membimbing dan mendidik kepada para siswa agar sesuai dengan tujuan BTQ di Sd Plus Darul ‘Ulum. Kata kunci: Problematika, al-Taisi>r, baca-tulis al-Qur‟an