PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN AL-QUR’AN HADITS DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN MANBAUL HUDA GENUKWATU NGORO JOMBANG

Main Author: Sholihah, Hidayatus
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://eprints.unipdu.ac.id/1237/
Daftar Isi:
  • Al-Qur’an dan Hadits merupakan pedoman hidup manusia. Maka barang siapa yang tidak ingin tersesat dalam hidupnya hendaknya mempelajari dan mengamalkan keduanya. Di dalam melaksanakan pembelajaran Al-Qur’an dan Hadits pasti ada kendala ataupun kesulitan yang dihadapi. Apalagi pembelajaran Al-Qur’an Hadits di SMK. Dari sinilah penulis ingin mengetahui problematika pembelajaran Al-Qur’an Hadits di SMK Manbaul Huda Genukwatu Ngoro Jombang. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan problematika pembelajaran Al-Qur’an Hadits di SMK Manbaul Huda Genukwatu Ngoro Jombang. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan, teknik pengumpulan data dengan metode wawancara, dokumentasi, dan observasi. Sedangkan metode analisis yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini yaitu banyak peserta didik di SMK Manbaul Huda Genukwatu yang belum bisa membaca dan menulis Arab dengan baik dan benar, kemampuan dalam memahami materi Al-Qur’an Hadits kurang, maka metode dan strategi pembelajaran yang bervariasi serta efektif sangatlah diperlukan dalam mengatasi problem pembelajaran ini. Kata kunci: problematika pembelajaran Al-Qur’an Hadits