HUBUNGAN AKTIFITAS QIYAM AL-LAIL DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI MADRASAH TSANAWIYAH SATU ATAP MINHAJUL 'ABIDIN JANTI JOGOROTO JOMBANG
Main Author: | Afifah, Nur |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unipdu.ac.id/1236/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan pertama, untuk mengetahui sejauh mana aktifitas qiyām al-lail siswa di MTs. SA. Minhajul ‘Abidin. Kedua, untuk mengetahui motivasi belajar siswa di MTs. SA. Minhajul ‘Abidin. Ketiga, untuk mengetahui hubungan positif antara aktifitas qiyām al-lail dengan motivasi belajar siswa di MTs. SA. Minhajul ‘Abidin. Selanjutnya penulis jelaskan sebagai landasan teori tentang: pengertian qiyãm al-lail, ruang lingkup qiyãm al-lail. Di samping itu juga penulis jelaskan tentang: Pengertian motivasi belajar, fungsi motivasi. Karena qiyãm allail yang penulis teliti adalah ibadah di waktu malam hari, maka dijelaskan pula pengertian shalat malam (tahajjud, hajad, witir), baca al-qur’an dan mujahadah (dzikrullah). Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan Kuantitatif, dengan analisis Product Moment. Metode yang digunakan metode observasi, angket, dokumentasi dan wawancara. Setelah penulis mengadakan penelitian di lapangan, dari data responden sebanyak 100 responden siswa, kemudian penulis menganalisa data, ternyata “hipotesis” yang penulis ajukan tentang adanya hubungan kuat antara qiyãm al-lail dengan motivasi belajar siswa adalah signifikan, yaitu adanya hubungan positif antara qiyãm al-lail dengan motivasi belajar siswa. Hal tersebut dibuktikan melalui analisis uji hipotesis dan analisa lanjutan dengan menggunakan rumus Korelasi Product Moment” diperoleh hasil lebih dari taraf signifikan 5% karena nilai RO lebih besar dari nilai Rt. Adapun nilai R0 = 0,020 sedang nilai Rt = 0,232. Jadi “Hipotesis” yang penulis ajukan, tentang adanya hubungan Qiyãm al-lail dengan motivasi belajar siswa MTs. SA Minhajul ‘Abidin Janti Jogoroto Jombang. Tahun 2017/2018 diterima (signifikan). Kata kunci: Aktifitas Qiyãm al-lail, Motivasi belajar siswa