PENGARUH TINGKAT PEMAHAMAN KITABAL-AKHLAQ LI AL-BANAT TERHADAP PERILAKU PESERTA DIDIK DI ASRAMA HJ MAIMUNAH PONDOK PESANTREN MIDANUTTA'LIM MAYANGAN JOGOROTO JOMBANG
Main Author: | Muarofah, Siti |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unipdu.ac.id/1232/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh tingkat pemahaman kitab alakhla>q li al-bana>t terhadap perilaku peserta didik di asrama Hj Maimunah pondok pesantren midanutta’lim Mayangan Jogoroto Jombang, penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik yang berjumlah 70 peserta didik di asrama Hj Maimunah pondok pesantren midanutta’lim Mayangan Jogoroto Jombang. Data dikumpulkan menggunakan angket dan dokumentasi. Uji validitas perbutir dihitung dengan rumus pearsondan uji reliabilitas menggunakan rumus Cronbach'salpha. Pengujian hipotesis menggunakan rumus regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan antara tingkat pemahaman kitab al-Akhla>q li al-Bana>t terhadap perilaku, yang ditunjukkan dari harga t hitung yang diolah dengan bantuan SPSS 16 sebesar 6.197, sedangkan ttabel dengan N=70 pada taraf 5% sebesar 1,66, sehingga t hitung > t tabel (6.197>1,66). Selanjutnya, ditemukan bahwa skor tingkat pemahaman kitab al-Akhla>q li alBana>t yang termasuk dalam kategori baik dengan jumlah persentase sebesar dan mayoritas mahasiswa memiliki hasil indeks prestasi kumulatif yang termasuk dalam kategori Sangat baik dengan persentase sebsar . Kata Kunci: Pengaruh, Pemahaman, kitab al-Akhla>q li al-Bana>t, Perilaku