PENGARUH PENGGUNAAN APLIKASI WHATSAPP TERHADAP PERILAKU BELAJAR SISWA DI MADRASAH ALIYAH AL-ITTIHAD TAWANGSARI TROWULAN MOJOKERTO

Main Author: Hanan, Abdul
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://eprints.unipdu.ac.id/1230/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan aplikasi WhatsApp terhadap perilaku belajar siswa di Madrasah Aliyah Al-Ittihad Tawangsari Trowulan Mojokerto. Jenis penelitiannya adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan rumus prosentase, validitas, reliabilitas dan pengujian hipotesis menggunakan regresi linier sederhana. Dalam penelitian ini terdapat dua variabel, yaitu aplikasi WhatsApp (X) dan perilaku belajar (Y). Analisis data ini menggunakan analisis statistik deskriptif. Populasi penelitian siswa Madrasah Aliyah Al-Ittihad Tawangsari Trowulan berjumlah 31 siswa. Dari hasil diketahui melalui prosentase aplikasi WhatsApp (X) tergolong kurang baik, dengan prosentase 54,33%, sedangkan perilaku belajar tergolong baik, karena memiliki prosentase 94,00%. Selanjutnya dihitung melalui pengujian hipotesis menggunakan rumus regresi linier sederhana yang diolah dengan bantuan SPSS 16.0 yaitu, F-hitung sebesar 3,154 dengan nilai signifikan sebesar 0,086. Karena nilai signifikan adalah 0,05, maka Ha ditolak dan H0 diterima atau 0,086 > 0,5. Jadi kesimpulan dalam penelitian tersebut menunjukkan tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara aplikasi WhatsApp terhadap perilaku belajar. Kata Kunci : Aplikasi WhatsApp, Perilaku Belajar.