PENGARUH PENDIDIKAN AKHLAK DALAM KELUARGA TERHADAP KEPRIBADIAN SISWA KELAS VIII DI MTs AL-HIKMAH JANTI JOGOROTO JOMBANG

Main Author: Irmawati, Luluk
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://eprints.unipdu.ac.id/1229/
Daftar Isi:
  • Pendidikan akhlak dalam keluarga adalah sebuah usaha bimbingan, pengarahan dan latihan dengan membiasakan anak agar terbiasa melakukan perbuatan terpuji dan menjauhi perbuatan tercela, yang diarahkan kepada pembentukan kepribadian anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pendidikan akhlak dalam keluarga siswa, kepribadian siswa dan pengaruh pendidikan akhlak dalam keluarga terhadap kepribadian siswa kelas VIII di MTs Al-Hikmah Janti Jogoroto Jombang. Jenis penelitian kuantitatif dengan metode pengumpulan data observasi, wawancara, dokumentasi, dan angket. Teknik menggunakan rumus prosentase dan regresi linier sederhana, sampel penelitian 46 responden. Prosentase pendidikan akhlak dalam keluarga 63,9%. Kepribadian siswa 61,9%. Hasil analisis data regresi linier sederhana diperoleh nilai F hitung sebesar 2,350 dengan nilai sig. (p.value) sebesar 0,132. Karena nilai sig. (p.value) < 0,05, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan kata lain 0,132 < 0,05, maka keputusan yang diambil terdapat pengaruh antara pendidikan akhlak dalam keluarga terhadap kepribadian siswa kelas VIII di MTs Al-Hikmah Janti Jogoroto Jombang. Kata Kunci: Pengaruh, Pendidikan Akhlak, Keluarga, Kepribadian Siswa.