HUBUNGAN ANTARA PENDISIPLINAN ORANG TUA DENGAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP AL-HIKMAH BALONGREJO SUMOBITO JOMBANG

Main Author: Jannah, Islamillah Roudlotul
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://eprints.unipdu.ac.id/1228/
Daftar Isi:
  • Pendisiplinan orang tua merupakan keadaan sikap atau perilaku yang sesuai dengan aturan atau tata tertib yang telah berlaku untuk melatih watak (perilaku) anak sehingga tercipta ketertiban dan keteraturan pada diri anak. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui adakah hubungan antara pendisiplinan orang tua dengan kemandirian belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama islam di SMP Al-Hikmah Balongrejo Sumobito Jombang. Jenis penelitian ini termasuk penelitian lapangan (Field Research) dengan pendekatan kuantitatif menggunakan rumus Persentase dan korelasi prodact moment. Dalam penelitian ini terdapat dua variabel, yaitu pendisiplinan orang tua (X) dan Kemandirian belajar (Y). Dari hasil penelitian diketahui melalui persentase bahwa pendisiplinan orang tua tergolong baik, dengan prosentase = 69,3% dan kemandirian belajar siswa tergolong baik, dengan prosentase = 62,4%. Dengan nilai = 0,442, maka dapat dikonsultasikan pada tabel r product moment dengan jumlah sampel (N) = 30 diperoleh koefesien = 0,367 dengan taraf signifikansi 5%, hasilnya lebih besar dari pada = 0,442 > 0,367 artinya Ha diterima dan Ho ditolak. Jadi dapat disimpulkan bahwa “terdapat Hubungan antara Pendisiplinan Orang Tua dengan Kemandirian Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Al-Hikmah Balongrejo Sumobito Jombang. Kata kunci: Hubungan, pendisiplinan orang tua, kemandirian belajar, pendidikan agama islam.