IMPLEMENTASI INTEGRASI ANTARA AGAMA DAN SAINS DALAM MODERNISASI LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM DI MADRASAH ALIYAH UNGGULAN DARUL ULUM STEP-2 IDB JOMBANG

Main Author: Arief, Aida Zakiyah
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://eprints.unipdu.ac.id/1221/
Daftar Isi:
  • Latar belakang peneliian ini adalah upaya resolusi permasalahan dikotomi pendidikan antara agama dan ilmu dengan melalui metode pengintegrasian keduanya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan implementasi integrasi antara agama dan sains dalam modernisasi lembaga pendidikan Islam. Metode penelitian yang digunakan dengan analisis kualitatif melalui pendekatan deskriptif. Hasil dari penelitian implementasi integrasi antara agama dan sains terletak pada dua aspek penting yakni aplikasi keseharian dan proses pembelajaran. Kegiatan keseharian meliputi sholat berjamaah dhuhur,membaca al-Qur’an sebelum pembelajaran, mengkaji kitab kuning setiap beberapa minggu sekali. Serta penerapan dalam pembelajaran dengan meliputi metode, strategi dan materi pembelajaran. didukung oleh madrasah yang memiliki fasilitas sarana dan prasarana yang modern serta kualifikasi guru yang mumpuni menjadikan madrasah tersebut sebagai lembaga pendidikan Islam modern yang menghasilkan lulusan yang memiliki iman dan ilmu. Kesimpulan penelitian implementasi integrasi antara agama dan sains dalam modernisasi lembaga pendidikan Islam menghasilkan lulusan sesuai dengan tuntutan modernitas zaman. Kata kunci: Integrasi; Agama; Sains; Modernisasi; Lembaga pendidikan Islam