PERAN GURU DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN SISWA MELALUI JAMAAH SALAT DUHA DI MADRASAH TSANAWIYAH AL- IKHLAS ALANG-ALANG CARUBAN JOGOROTO JOMBAN

Main Author: Hidayah, Devi Nuris
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://eprints.unipdu.ac.id/1220/
Daftar Isi:
  • penelitian ini dilaksanakan karena pemberlakuan kedisiplinan siswa di MTs Al-Ikhlas Alang-Alang Caruban Jogoroto Jombang belum sesuai dengan apa yang diharapkan oleh para guru sehingga perlu dilakukan suatu peningkatan kedisiplinan siswa yakni dengan melalui program jamaah shalat dhuha diharapkan dapat meningkatkan kedisipinan siswa menjadi lebih sempurna. Penelitian ini bertujuan untuk: mengetahui gambaran tentang bagaimana kedisiplinan siswa sebelum diadakannya shalat dhuha, program jamaah halat dhuha, bagaimana kedisiplinan siswa setelah diadakannya program shalat dhuha dan untuk mengetahui peran guru dalam meningkatkan kedisiplinan siswa melalui jamaah shalat dhuha. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Tempat penelitian di MTs Al-Ikhlas Alang-Alang Caruban Jogoroto Jombang, dilaksanakan pada bulan April 2018. Narasumber penelitian kepala sekolah, seluruh guru, siswa MTs Al-Ikhlas Alang-Alang Caruban Jogoroto Jombang.pengumpulan data mengunakan wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan cara reduksi data,sajian data dan penarikan kesimpulan serta verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan: sebelum adanya program jamaah shalat dhuha kedisiplinan siswa belum begitu baik, sehingga kepala sekolah melakukan perencanaan dengan melaksanakan program jamaah shalat dhuha, sehingga kedisiplinan iswa lebih meningkat dan lebih baik, dalam pelaksanaan kedisiplinan guru sudah berperan dalam meningkatkan kedisiplinan siswa dengan cara memberikan contoh kedisiplinan. Kata Kunci: Peran Guru, kedisiplinan siswa, shalat dhuha.