PENGARUH PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK TERHADAP KEPATUHAN TATA TERTIB KELAS VIII DI SEKOLAH MADRASAH TSANAWIYAH BAHRUL ULUM GADINGMANGU PERAK JOMBANG

Main Author: Nisa, Khoirun
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://eprints.unipdu.ac.id/1208/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Aqidah Akhlak terhadap kepatuhan tata tertib di sekolah MTs. Bahrul Ulum Gadingmangu Perak Jombang. Desain penelitian menggunakan field research. Jenis penelitian kuantitatif dengan metode pengumpulan data observasi, dokumentasi, dan angket. Teknik analisis dengan menggunakan rumus korelasi produck moment. Analisis data dengan menggunakan SPSS. Sampel penelitian 55 responden. Prosentase Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak “baik” karena 77,96 % termasuk kategori 76%-100%. Dan prosentase Kepatuhan Tata Tertib di Sekolah “baik” karena 95,93 % termasuk kategori 76%-100%. Hasil perhitungan r memperoleh hasil 0,494 ternyata nilai r terletak antara 0,40-0,70 yaitu mempunyai interpretasi “sedang”, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada Pengaruh dengan taraf yang sedang antara Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak teradap Kepatuhan Tata Tertib di Sekolah MTs. Bahrul Ulum Gadingmangu Perak Jombang. Dengan hipotesis Ha diterima H0 ditolak. Kata Kunci: Prestasi Belajar Aqidah Akhlak, Kepatuhan Tata Tertib.