PENERAPAN METODE MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN SEDERHANA PADA SISWA KELAS III B MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI MADRASAH IBTIDAIYAH BABUSSALAM TAMBAR JOGOROTO JOMBANG
Main Author: | Sugiartiningsih, . |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unipdu.ac.id/1205/ |
Daftar Isi:
- Bahasa Indonesia sebagai pengantar di semua jenis dan jenjang pendidikan sekolah, mulai dari pendidikan usia dini sampai dengan perguruan tinggi. Dalam pelajaran Bahasa Indonesia terdapat empat keterampilan yang harus dikuasai siswa, yaitu keterampilan menulis, berbicara, membaca dan mendengarkan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterampilan menulis karangan sederhana sebelum diterapkannya metode mind mapping, mendeskripsikan penerapan metode mind mapping dan mendeskripsikan peningkatan keterampilan menulis karangan sederhana setelah diterapkannya metode. Pada penelitian ini peneliti menggunakan metode mind mapping dengan teknik analisis data yaitu flow model. Desain penelitian menggunakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus. Di setiap siklus terdapat empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Hasil pengamatan pada pra siklus dengan rata-rata 53.34 dan persentase ketuntasan 21.21%, pada siklus I nilai rata-rata 66.51 dengan persentase ketuntasan 39.39%. Pada siklus II nilai rata-rata 71.51 dengan persentase ketuntasan 63.63%. Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa metode mind mapping dapat meningkatkan keterampilan menulis karangan sederhana. Kata Kunci: Metode; Mind Mapping; Keterampilan; Menulis; Bahasa Indonesia