PENERAPAN MEDIA DIORAMA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM SISWA KELAS IIIB DI MADRASAH IBTIDAIYAH BABUSSALAM TAMBAR

Main Author: Maghfiroh, Lailatul
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://eprints.unipdu.ac.id/1204/
Daftar Isi:
  • Sangat di sayangkan jika guru mengajar tetap dalam metode yang monoton. Siswa menjadi cepat bosan dan berpengaruh pada hasil belajar siswa. Dapat dilihat dari pretes yang sudah dilakukan, hasil belajar siswa masih ada di bawah rata-rata ketentuan sekolah. Tujuan penelitian mengetahui peningkatan hasil belajar siswasetelah di adakan media diorama pada mata pelajaran ilmu pengetahuan alamdi kelas III B MI Babussalam tambar. Jenis penelitian tindakan kelas. Metode Pengumpulan data tes, wawancara, observasi, dan dokumentasi.Teknik penelitian menggunakan flow model. Subyek yang di teliti siswa kelas III B MI Babussalam Tambar sejumlah 33 siswa. Peningkatan hasil belajar bisa dilihat di tabel rekapitulasi dengan hasil pra siklus dengan rata-rata 5,8 siklus I meningkat menjadi 68,1 dan siklus II meningkat 81,1. Dengan demikian bisa dikatakan bahwa penerapan media diorama sangat efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ilmu pengetahuan alam kelas III B di MI Babussalam Tambar Jogoroto Jombang tahun ajaran 2017-2018. Kata kunci : Media Diorama, Hasil Belajar, Ilmu Pengetahuan Alam.