PENERAPAN METODE ROLE PLAYING DAN CONCEPT MAPPING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMAHAMI KONSEP JUAL BELI DALAM PEMBELAJARAN IPS KELAS III DI MADRASAH IBTIDAIYAH BABUSSALAM TAMBAR JOGOROTO JOMBANG TAHUN PELAJARAN 2017/2018
Main Author: | Wardani, Intan Kusuma |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unipdu.ac.id/1196/ |
Daftar Isi:
- Pendidikan dasar adalah fase terpenting dan pondasi awal dalam pendidikan (pengetahuan). Untuk itu sudah seharusnya dalam pendidikan dasar haruslah dilakukan dengan sebaik-baiknya dan memperhatikan segala aspeknya. Dengan pondasi awal pengetahuan yang kuat akan menentukan keberhasilan di jenjang pendidikan selanjutnya, seorang pendidik berkewajiban untuk memberikan pemahaman terhadap konsep-konsep pengetahuan. Namun pada realitas yang terjadi masih terdapat siswa yang belum mampu memahami suatu konsep dikarenakan kurangnya inovasi pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengatasi persoalan-persoalan yang serupa dengan menggunakan metode role playing dan concept mapping. Subjek penelitian siswa kelas III ssebanyak 34 siswa. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas dan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Berdasarkan analisis dan data penelitian diperoleh peningkatan persentase hasil belajar. Dibuktikan pada kondisi awal sebelum dilaksanakan tindakan nilai rata-rata kelas 58,8 dengan persentase ketuntasan klasikal sebanyak 47%, siklus I nilai rata-rata kelas 70 dengan persentase hasil belajar sebanyak 47% dan pada siklus II nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 82,3 dengan persentase ketuntasan klasikal sebanyak 88%. Dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan metode role playing dan concept mapping mampu meningkatkan hasil belajar siswa dengan Signifikan di MI Babussalam Tambar. Kata Kunci : Role playing, concept mapping, ilmu pengetahuan sosial.