PENGARUH PENDAMPINGAN ORANGTUA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR AL QUR’AN SISWA KELAS IX DI MADRASAH TSANAWIYAH AL IHSAN KALIKEJAMBON TEMBELANG JOMBANG

Main Author: Sa’adah, Siti Nur
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://eprints.unipdu.ac.id/1182/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini menitik beratkan pada aspek pendampingan orangtua terhadap motivasi belajar siswa kelas IX di Madrasah Tsanawiyah al-Ihsan Kalikejambon Tembelang Jombang. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Instrumen pengumpulan data menggunakan metode angket, wawancara dan observasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan korelasi regresi linier sederhana. Dari hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa bentuk pendampingan orangtua siswa kelas IX Madrasah Tsanawiyah al-Ihsan Kalikejambon Tembelang Jombang yaitu sebesar 94%, suatu nilai yang terletak pada skor 96%-100% dan dinyatakan baik. Sedangkan untuk tingkat motivasi belajar al-Qur‟an siswa kelas IX di Madrasah Tsanawiyah al-Ihsan Kalikejambon Tembelang Jombang sebesar 95%, suatu nilai yang terletak pada skor 96%-100% dan dinyatakan baik. Hasil analisis regresi linier sederhana menunjukkan bahwa nilai Fhitung sebesar 4881,234 dengan nilai sig 0,000, karena nilai sig 0,005, maka Ho ditolak Ha diterima, jadi terdapat pengaruh yang signifikan antara pendampingan orangtua terhadap motivasi belajar al-Qur‟an siswa kelas IX di MTs al-Ihsan KalikejambonTembelang Jombang. Kata kunci: Pendampingan, Orangtua, Motivasi, Belajar