PENGARUH INTERNALISASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM TERHADAP KARAKTER SISWA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA ISLAM TERPADU AR RUHUL JADID JOMBANG

Main Author: Fitriyah, Nur Lailatul
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://eprints.unipdu.ac.id/1179/
Daftar Isi:
  • Internalisasi merupakan proses penanaman sikap ke dalam pribadi seseorang melalui binaan, agar ego menguasai secara mendalam suatu nilai serta menghayati sehingga dapat tercermin dalam sikap laku sesuai dengan standar yang diharapkan.Nilai pendidikan Islam merupakan tingkatan integritas kepribadian yang mencapai tingkat budi (insan al-kamil).karakter adalah ciri khas seseorang dalam berperilaku yang membedakan dirinya dengan orang lain.Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pengaruh internalisasi nilai-nilai pendidikan Islamterhadap karakter siswa di SMPIT Ar Ruhul Jadid Jombang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode pengumpulan data observasi, wawancara, angket dan dokumentasi dengan teknik analisis regresi linier sederhana,sampel penelitian 94 responden. Prosentase internalisasi nilai-nilai pendidikan Islam97%.Karakter siswa 97%. Hasil analisis regresi linier sederhana diperoleh nilai F hitung 85,729dengan nilai sig. (p. Value) sebesar 0,000.Karena nilai sig. (p. Value) < 0,05, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan kaa lain 0,000< 0,05, maka keputusan yng diambil terdapat pengaruh yang signifikan antara internalisasi nilai-nilai pendidikan Islam terhadap karakter siswa di SMPIT Ar Rhul Jadid Jombang. Kata Kunci: Pengaruh, Internalisasi Nilai-nilai Pendidikan Islam, Karakter.