HUBUNGAN KEBIASAAN MEMBACA AL-QUR’AN dengan PRESTASI BELAJAR PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA KELAS VIII MADRASAH TSANAWIYAH AL IHSAN KALIKEJAMBON TEMBELANG JOMBANG

Main Author: Sholicha, Mar’atus
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://eprints.unipdu.ac.id/1178/
Daftar Isi:
  • Kebiasaan membaca Al-qur’an merupakan hal yang penting bagi pembentukan karakter peserta didik terutama dalam pendidikan keagamaan. Namun padatnya jadwal les dan kegiatan ekstrakurikuler menyebabkan peserta didik kesulitan membiasakan diri membaca Al-qur’an. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kebiasaan membaca Al-qur’an siswa, hasil prestasi PAI siswa serta hubungan antara kebiasaan membaca Al-qur’an dengan hasil prestasi PAI siswa. Jenis penelitian kuantitatif. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara, angket dan dokumentasi. Dengan uji analisa prosentase dan korelasi product moment. Hasil penelitian variabel kebiasaan membaca Al-qur’an siswa tergolong baik, yaitu 58,83%. Sedangkan variabel prestasi belajar PAI siswa 64,98%. Berdasarkan data yang telah diketahui pada pengujian hipotesis menunjukkan rhitung lebih kecil dari pada rtabel (0,11<0,195), sehingga H0 diterima dan Ha ditolak. Artinya tidak ada hubungan antara kebiasaan membaca Al-qur’an terhadap prestasi belajar pendidikan agama islam (PAI) siswa kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Al Ihsan Kalikejambon Tembelang Jombang. Kata kunci: Hubungan, kebiasaan, membaca Al-qur‟an, prestasi PAI