PENGARUH PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM KELUARGA TERHADAP KECERDASAN EMOSIONAL SISWA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS DARUL ULUM I UNGGULAN BPPT PETERONGAN JOMBANG
Main Author: | Sholihah, Aminatus |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unipdu.ac.id/1176/ |
Daftar Isi:
- Latar belakang penelitian ini adalah keinginan penulis untuk mengetahui lebih dalam adanya pengaruh pendidikan agama Islam dalam keluarga terhadap kecerdasan emosional siswa di SMA DU I Unggulan BPPT Peterongan Jombang. Penelitian ini menitik beratkan pada aspek pendidikan agama Islam dalam keluarga pada siswa kelas XI SMA DU I Unggulan BPPT Peterongan Jombang. Tujuan penelitian ini untuk mendiskripsikan apakah ada atau tidak pengaruh pendidikan agama dalam keluarga terhadap kecerdasan emosional siswa. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Instrumen pengumpulan data menggunakan metode angket, wawancara dan observasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan korelasi Product Moment. Dari hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa tingkat pendidikan agama Islam dalam keluarga siswa kelas XI SMA DU I Unggulan BPPT Peterongan Jombang yaitu sebesar 89% suatu nilai yang terletak pada skor 76%-100% dinyatakan sangat baik. Sedangkan untuk tingkat kecerdasan emosional siswa kelas XI SMA DU I Unggulan BPPT Peterongan Jombang yaitu sebesar 89% suatu nilai yang terletak pada skor 76%-100% dinyatakan sangat baik. Hasil analisis Product Moment dari hasil perhitungan memperoleh nilai = 0.951 dan maka . Jadi kesimpulannya ada pengaruh yang positif antara pendidikan agama Islam dalam keluarga terhadap kecerdasan emosional siswa di SMA DU I Unggulan BPPT Peterongan Jombang. Kata Kunci: Pendidikan Agama Islam, Dalam Keluarga, Kecerdasan Emosional