PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP KECENDERUNGAN PERILAKU SULIT MAKAN PADA ANAK PRASEKOLAH

Main Author: FITRIANI, IFFAH NAFA
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://eprints.unipdu.ac.id/1116/
Daftar Isi:
  • Perilaku sulit makan merupakan salah satu masalah yang ada pada usia prasekolah, salah satu gejala yang muncul yakni menunjukkan kebiasaan makan yang buruk, perlu adanya pendidikan kesehatan yang berupa video untuk menurunkan perilaku sulit makan. Tujuan penelitian ini adalah menganalisa pengaruh pendidikan kesehatan media audio visual terhadap kecenderungan perilaku sulit makan. Penelitian ini menggunakan desain penelitian Quasy Eksperimen dengan menggunakan pendekatan Pretest-Postest control group desain dan pengambilan sampel menggunakan teknik Total Sampling. Sampel terdiri dari 20 responden terdiri dari kelompok perlakuan dan kontrol. Metode pengambilan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner dan media audio visual untuk kelompok perlakuan. Data dianalisis menggunakan uji Wilcoxon dan Mann Whitney U Test. Hasil menujukkan ada pengaruh pendidikan kesehatan media audio visual terhadap kecenderungan sulit makan pada anak prasekolah ρ=0,000 (ρ<α). Penggunaan media audio visual yang berupa gambar bergerak dan pengisian suara yang sudah terafirmasi dengan pendidikan kesehatan perilaku sulit makan mempengaruhi penurunan perilaku sulit makan. Kata kunci : Media audio visual, Kecenderungan perilaku sulit makan, Prasekolah.