PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN BERBASIS MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP KECENDERUNGAN PERILAKU PICKY EATER PADA ANAK PRASEKOLAH

Main Author: Andrianto, Ahmad Kholid
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://eprints.unipdu.ac.id/1106/
Daftar Isi:
  • Kecenderungan perilaku picky eater merupakan perilaku pilih-pilih makan pada anak yang ditandai dengan terbatasnya jumlah pilihan makanan, tidak ingin mencoba makanan baru, selektif dalam pemilih makanan. Pendidikan kesehatan berbasis media audio visual merupakan suatu intervensi yang dilakukan dengan menggunakan media yang dapat didengar dan dilihat serta berisi afirmasi dan motivasi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui adanya pengaruh pendidikan kesehatan berbasis media audio visual terhadap kecenderungan perilaku picky eater pada anak prasekolah. Metode yang digunakan menggunakan Quasy Experiment, pendekatan Quota Sampling dimana jumlah responden sebanyak 10 responden tiap kelompok kontrol dan perlakuan dengan durasi 1 minggu. Uji statistik penelitian menggunakan uji Wilcoxon untuk mengetahui selisih data sebelum dan sesudah, test hipotesis komparatif 2 sampel menggunakan uji Mann Whitney dengan tingkat kemaknaan α = 0,05. Hasilnya pada kelompok kontrol nilai ρ = 0,131 dan kelompok perlakuan ρ = 0,007, sedangkan nilai Mann Whitney didapatkan ρ = 0,039 artinya ρ ≤ α maka H1 diterima, nilai Z = -2,061 jadi berbeda secara bermakna antara kecenderungan perilaku picky eater kelompok kontrol dan perlakuan. Pendidikan kesehatan berbasis media audio visual merupakan upaya intervensi preventif dengan menggunakan media gambar bergerak dan suara berisi afirmasi dan motivasi yang dapat membantu perubahan kecenderungan perilaku picky eater pada anak prasekolah. Kata Kunci: Picky Eater, Media Audio Visual, Anak Prasekolah.