EFEKTIFITAS PENDIDIKAN KESEHATAN MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI DAN PEMUTARAN VIDEO “SADARI” TERHADAP PENGETAHUAN REMAJA TENTANG SADARI DI ASRAMA HURUN INN

Main Author: LUKITASARI, FIFI ARIANTI
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://eprints.unipdu.ac.id/1026/
Daftar Isi:
  • SADARI adalah salah satu cara yang efektif untuk mendeteksi sedini mungkin adanya benjolan pada payudara.Kemungkinan timbulnya benjolan pada payudara sebenarnya dapat diketahui secara tepat dengan pemeriksaan sendiri. Penanggulangan masalah pada pengetahuan SADARI dapat dilakukan dengan pendidikan kesehatan kepada remaja dengan menggunakan metode pilihan yaitu dengan metode demonstrasi dan pemutaran video. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifitas pendidikan kesehatan menggunakan metode demonstrasi dan pemutaran video “SADARI” terhadap pengetahuan remaja tentang SADARI di Asrama Hurun Inn. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasy Exsperiment Pretest-post-test desain group. Populasi adalah remaja putri di Asrama Hurun Inn. Pengambilan sampel menggunakan total sampling. Variable independent adalah metode demonstrasi dan pemutaran video, variable dependent adalah pengetahuan remaja tentang SADARI dengan uji Wilcoxon dan Mann-Whitney dengan tingkat kemaknaan < α (0,05). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengetahuan remaja putri mengenai SADARI ada pengaruh pendidikan kesehatan dengan nilai signifikasi (p-value 0,000) dan efektifitas metode (p-value 0,003) sehingga H0 ditolak ada perbedaan efektifitas pendidikan kesehatan menggunakan metode demonstrasi dan pemutaran video “SADARI” terhadap pengetahuan remaja putri. Kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini adalah pendidikan kesehatan dengan menggunakan metode demonstrasi lebih efektif dar pada pemutaran video untuk mengetahui pengetahuan remaja putri dalam pemberian pendidikan kesehatan “SADARI”. Kata kunci : pendidikan kesehatan, metode, sadari, pengetahuan.