PERBANDINGAN POLA PEMBINAAN ANTARA PEMBINA TINGKAT SMP DAN PEMBINA TINGKAT SMA DALAM KEAKTIFAN MENGIKUTI KEGIATAN DI ASRAMA PUTRI II AL-KHODIJAH DARUL ‘ULUM JOMBANG

Main Author: Fitriyah, Siti
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://eprints.unipdu.ac.id/102/1/BAB%20I.pdf
http://eprints.unipdu.ac.id/102/
Daftar Isi:
  • Pesantren merupakan pusat pendidikan Islam di Indonesia, tempat orang berkumpul untuk mempelajari agama Islam dengan sistem asrama atau pondok. Tujuan penelitian ini adalah: (a) Mengetahui bagaimana pola pembinaan pembina tingkat SMP.(b) Mengetahui bagaimana pola pembinaan pembina tingkat SMP. Dan (c) Adakah perbandingan pola pembinaan pembina tingkat SMP dan pembina tingkat SMA.Penelitian ini menggunakan Metode penelitian deskriptif kualitatif yang menggunakan data observasi, wawancara dan dokumen atau buku-buku sebagai sumber penelitian, sehingga penekanan deskripsinya lebih banyak pada analisis isi (content analysis), Selain itu juga digunakan analisis deskriptif secara analitik yaitu mengungkapkan suatu masalah dan keadaan sebagaimana adanya, sehingga hanya merupakan penyingkapan fakta. Dari hasil observasi dan wawancara yang peneliti peroleh terdapat perbandingan antara pembina tingkat SMP dan pembina tingkat SMA yaitu pola pembinaan pembina SMP lebih menekankan pada pendekatan yang lebih.Sedangkan pola pembinaan untuk santri SMA cukup memberi arahan, karena santri SMA sudah bisa berfikir dewasa. Kata Kunci: Pola pembinaan pembina tingkat SMP, pembina tingkat SMA, dan keaktifan mengikuti kegiatan.