Analisis penilaian konsumen pada dampak persaingan tarif terhadap strategi pemasaran melalui penetapan harga di perusahaan penerbangan swasta studi kasus Lion Air, Mandala dan Bourag Airlines di Surabaya

Main Authors: Tjahyono, Sony Teguh, Harjono, David
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2004
Online Access: http://dewey.petra.ac.id/jiunkpe_dg_3675.html
https://repository.petra.ac.id/8059/
Daftar Isi:
  • Fenomena persaingan tarif beberapa tahun terakhir ini, di Indonesia, membuat banyak maskapai penerbangan swasta di negara kita ini mengalami kompetisi yang ketat dan cenderung "saling menjatuhkan" harga. Hal ini tentu saja harus diimbangi oleh strategi pemasaran melalui penetapan harga yang sesuai dengan kapasitas dan situasi yang berlaku pada saat ini. Oleh karena itu diperlukan suatu analisis terhadap beberapa maskapai untuk mengetahui sejauh mana maskapai-maskapai penerbangan yang ada di Indonesia menerapkan strategi pemasaran melalui penetapan harga terhadap persaingan tarif sekaligus membandingkan penilaian konsumen dengan penetapan harga yang dilakukan oleh beberapa maskapai penerbangan tersebut. Analisis yang digunakan sebagai penilaian konsumen adalah melalui penyebaran kuesioner, kemudian hasil yang ada diolah dengan One Way Anova.