Penerapan analisa cost-volume-profit sebagai alat bantu bagi manajemen dalam rangka perencanaan laba dan menentukan komposisi penjualan produk yang tepat pada CV Sanyu Paint di Sidoarjo
Main Author: | Puspasari, Belinda |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2003
|
Online Access: |
http://dewey.petra.ac.id/jiunkpe_dg_1186.html https://repository.petra.ac.id/1776/ |
Daftar Isi:
- Adanya persaingan global menyebabkan CV Sanyu Paint menghadapi beberapa permasalahan. Banyaknya produk-produk pesaing dan fluktuasi harga bahan baku menyebabkan laba yang diperoleh CV Sanyu Paint cenderung turun. Oleh karena itu, CV Sanyu Paint merasakan perlunya suatu alat bantu yang dapat digunakan dalam membuat perencanaan Iaba dan pengambilan keputusan baik jangka pendek maupun jangka panjang. Analisa Cost-Volume-Profit merupakan salah satu alat yang dapat digunakan dalam perencanaan laba. Dengan didasarkan pada metode activity-based-costing, maka analisa cost-volume-profit akan dapat menghasilkan keputusan yang lebih baik. Oleh karena itu, pada penelitian ini penulis bertujuan untuk menggambarkan bagaimana penerapan analisa cost-volume-profit dalam rangka perencanaan laba baik jangka pendek maupun jangka panjang dan bagaimana menentukan komposisi sales mix yang tepat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan analisa cost-volume-profit dapat menghasilkan informasi-informasi yang bermanfaat bagi manajemen dalam perencanaan laba baik jangka pendek maupun jangka panjang, serta dapat mengetahui komposisi sales mix yang menguntungkan.