Pengontrolan Gerak Menggunakan Marker Untuk Aplikasi Augmented Reality
Main Authors: | Liliana, , Gunadi, Kartika, YOHAN, ANDREAS |
---|---|
Format: | Proceeding PeerReviewed application/pdf |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://repository.petra.ac.id/16935/1/Publikasi1_03024_1274.pdf https://repository.petra.ac.id/16935/ |
Daftar Isi:
- Perkembangan teknologi Virtual Reality belakangan ini diimplementasikan dalam berbagai bidang, terutama game dan media komunikasi. Salah satu variasi dari virtual reality adalah augmented reality. Augmented Reality masih memadukan obyek kasat mata dengan obyek virtual hasil ciptaan dengan menggunakan komputer. Dalam aplikasi berupa game komputer, pemanfaatan teknologi augmented reality adalah menggantikan mouse dengan menggunakan marker sebagai pengontrol gerak. Penggunaan marker dimaksudkan untuk mendapatkan interkasi yang lebih alami dari pengguna kepada sistem. Pada penelitian ini, dikembangkan sebuah sistem untuk mengenali adanya sebuah marker pengganti mouse dan menangkap gerakan yang dilakukan pada marker. Hasil gerakan yang berhasil dikenali akan menjadi masukan untuk mengatur gerak dari karakter yang dimunculkan di layar komputer. Fokus dari penelitian ini adalah mengenali adanya marker dan medeteksi terjadinya gerakan pada posisi marker dibandingkan dengan posisi awal saat marker dikenali. Sensor yang digunakan dalam sistem ini adalah webcam dan dilakukan secara real time. Saat pertama kali aplikasi dijalankan, maka sistem akan mencari koneksi dari webcam dan langsung mengambil frame pertama yang terbaca dari webcam tersebut untuk dilakukan pendeteksian maker. Dari hasil pendeteksian marker tersebut, akan dilakukan estimasi rotasi yang terjadi pada marker. Kemudian akan ditambahkan (overlay) suatu objek 3D ke tepat diatas gambar marker tadi. Berdasarkan hasil pengujian yang dilakukan, pendeteksian marker dan estimasi rotasi relatif akurasi dengan perbedaan presisi +- 10 derajat jika dibandingkan dengan sudut gerakan aslinya.