Potensi Penerapan Campus Transport Management Di Universitas Kristen Petra Untuk Mengurangi Polusi Udara
Main Author: | Setiawan, Rudy |
---|---|
Format: | Proceeding PeerReviewed application/pdf |
Terbitan: |
, 2008
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://repository.petra.ac.id/16929/1/Publikasi1_01065_1858.pdf https://repository.petra.ac.id/16929/ |
Daftar Isi:
- Penggunaan mobil pribadi sebagai moda transportasi utama dari dan menuju kampus Universitas Kristen Petra berdampak pada peningkatan kebutuhan lahan parkir dan kepadatan lalulintas pada beberapa ruas jalan disekitar kampus. Tingginya tingkat penggunaan mobil pribadi di UK Petra berdampak pada pula pada tingginya tingkat polusi udara yang diakibatkan oleh emisi gas CO . Tujuan dari penulisan makalah ini adalah memberikan gambaran upaya yang dapat dilakukan melalui penerapan berbagai program Campus Transport Management (CTM) di UK Petra sebagai salah satu solusi alternatif untuk mengurangi polusi udara dengan mengurangi penggunaan mobil pribadi. Berdasarkan hasil dari penelitian terdahulu diketahui bahwa penerapan berbagai program CTM (parking management, carpool, dan vanpool) di UK Petra dapat mengurangi penggunaan mobil pribadi antara 582 s/d 1.594 mobil per hari. Untuk memperkirakan jumlah polutan dan laju penggunaan BBM akibat perubahan jumlah penggunaan mobil pribadi jika berbagai program CTM diterapkan di UK Petra, dilakukan perhitungan dengan mempergunakan metode yang dibuat oleh United States Environmental Protection Agency (EPA420-F-05022). Berdasarkan analisa dapat disimpulkan bahwa penerapan berbagai program CTM di UK Petra tidak hanya berpotensi mengurangi penggunaan mobil pribadi yang berarti mengurangi kebutuhan lahan parkir dan kemacetan lalulintas, melainkan juga dapat mengurangi emisi CO 2 2 antara 17,8 hingga 48,9.