Peningkatan Kualitas Tape 31 melalui Desain Eksperimen sebagai Upaya untuk Mengatasi Komplain dari Konsumen

Main Authors: Aysia , Debora Anne Yang, Julianingsih, Julianingsih, Adiluhung, Wishnu
Format: Proceeding PeerReviewed application/pdf
Terbitan: , 2009
Subjects:
Online Access: https://repository.petra.ac.id/16778/1/Peningkatan_Kualitas_Tape_31_melalui_Desain_Eksperimen.pdf
https://repository.petra.ac.id/16778/
Daftar Isi:
  • Tape 31 adalah salah satu makanan khas dari Bondowoso. Banyaknya komplain dari konsumen dalam hal rasa dan kekerasan tape menyebabkan terjadinya penurunan penjualan tape. Artikel ini membahas upaya peningkatan kualitas produk Tape 31 melalui implementasi desain eksperimen, sebagai upaya untuk mengatasi komplain konsumen. Tujuannya adalah untuk meningkatkan kualitas produk Tape 31 dalam hal rasa dan kekerasan tape, agar lebih sesuai dengan selera konsumen. Metode eksperimen yang digunakan adalah metode Factorial Design. Faktor yang digunakan dalam penelitian ini ada tiga yaitu rasio ragi dan gula, lama perebusan, serta lama fermentasi. Dari hasil eksperimen yang telah dilakukan, didapatkan komposisi yang paling banyak disukai oleh konsumen yaitu rasio ragi dan gula sebanyak 5:3 gram, lama perebusan selama 60 menit, dan lama fermentasi 4 hari. Hasil uji organoleptik memperlihatkan bahwa 73.3% responden lebih menyukai kualitas tape usulan.