MELALUI PENDEKATAN DESAIN INKLUSI MENUJU ARSITEKTUR YANG HUMANIS
Main Authors: | Laurens, Joyce Marcella, Tanuwidjaja, Gunawan |
---|---|
Format: | Proceeding PeerReviewed application/msword Image |
Terbitan: |
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://repository.petra.ac.id/15803/1/Publikasi1_99035_152.doc https://repository.petra.ac.id/15803/2/Publikasi2_99035_152.jpg https://repository.petra.ac.id/15803/ |
Daftar Isi:
- Keberlanjutan yang merupakan isu penting dewasa ini, merupakan tantangan bagi para perancang untuk menciptakan rancangan yang peduli pada unsur kemanusiaan. Pendidikan arsitektur berperan dalam mengubah sikap para perancang agar peduli pada pengguna dalam populasi yang beragam, bukan hanya mempertimbangkan bentuk artefak material atau estetika semata. Makalah ini memaparkan suatu metode pendidikan arsitektur dengan pendekatan desain inklusi, yang bertujuan agar setiap orang dapat mengenali dan menggunakan desainnya dengan aman, mudah, secara mandiri dan alami tanpa perlu adaptasi atau solusi khusus. Berdasarkan pengalaman didaktif dan reflektif yang dilaluinya dalam program ini, mahasiswa dapat mengasah kecerdasan intelektual, mental, sosial dan punya kepedulian pada penggunanya.