KOMODIFIKASI FITUR TUBUH PEREMPUAN DALAM IKLAN PRODUK MAKANAN

Main Author: Christianna, Aniendya
Format: Article PeerReviewed application/msword
Terbitan: FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS AIRLANGGA
Subjects:
Online Access: https://repository.petra.ac.id/15523/1/KOMODIFIKASI_FITUR_TUBUH_PEREMPUAN_DALAM_IKLAN_PRODUK_MAKANAN.doc
https://repository.petra.ac.id/15523/
ctrlnum 15523
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><title>KOMODIFIKASI FITUR TUBUH PEREMPUAN DALAM IKLAN PRODUK MAKANAN &#xD; </title><creator>Christianna, Aniendya</creator><subject>HQ The family. Marriage. Woman</subject><subject>N Visual arts (General) For photography, see TR</subject><subject>NX Arts in general</subject><subject>Broadcast Television and Radio</subject><subject>Mass Media</subject><description>Daya tarik seksual (utamanya fitur tubuh perempuan) telah menjadi salah satu strategi yang ampuh dalam mengkomunikasikan suatu produk! Dari sekian banyak media, televisi dipandang cukup representatif, karena mampu menciptakan imajinasi sekaligus ketertarikan dalam waktu yang hampir bersamaan. Hal ini tak lepas dari karakteristik televisi yang mampu menyajikan pesan secara audio visual. Kepentingan komersial tersebut memungkinkan perempuan &#x2018;dimanfaatkan&#x2019; sebagai sarana untuk mengejar keuntungan dalam meraih pangsa pasar besar. Pada akhirnya memunculkan permasalahan gender, dimana sering dibicarakan dengan menempatkan perempuan sebagai subyek pusat perhatian. Permasalahan gender biasa dilihat sebagai kisah malang perempuan yang termarjinalkan. Karena proses komodifikasi yang digerakkan oleh kapitalisme pada hakekatnya bersifat patriarkhi. Komodifikasi perempuan berlangsung di ruang publik, diangkat sebagai informasi media. Memperlakukan tubuh perempuan sebagai komoditas terjadi secara tidak langsung dengan menjadikan perempuan sebagai teks dalam proses pasar media. Bahkan pada produk yang tidak ada kaitannya secara langsung dengan fitur tubuh perempuan sekalipun. Dalam penelitian ini, Tim Tam Slam dan Tim Tam Crush menjadi sampel penelitian. Dimana TVC produk tersebut secara eksplisit menonjolkan sensual approach dalam pemasarannya.</description><publisher>FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS AIRLANGGA </publisher><type>Journal:Article</type><type>PeerReview:PeerReviewed</type><type>File:application/msword</type><identifier>https://repository.petra.ac.id/15523/1/KOMODIFIKASI_FITUR_TUBUH_PEREMPUAN_DALAM_IKLAN_PRODUK_MAKANAN.doc</identifier><identifier>Christianna, Aniendya KOMODIFIKASI FITUR TUBUH PEREMPUAN DALAM IKLAN PRODUK MAKANAN. PROCEEDING 6TH INTERNATIONAL CONFERENCE INDONESIA-MALAYSIA.</identifier><relation>https://repository.petra.ac.id/15523/</relation><recordID>15523</recordID></dc>
format Journal:Article
Journal
PeerReview:PeerReviewed
PeerReview
File:application/msword
File
author Christianna, Aniendya
title KOMODIFIKASI FITUR TUBUH PEREMPUAN DALAM IKLAN PRODUK MAKANAN
publisher FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS AIRLANGGA
topic HQ The family. Marriage. Woman
N Visual arts (General) For photography
see TR
NX Arts in general
Broadcast Television and Radio
Mass Media
url https://repository.petra.ac.id/15523/1/KOMODIFIKASI_FITUR_TUBUH_PEREMPUAN_DALAM_IKLAN_PRODUK_MAKANAN.doc
https://repository.petra.ac.id/15523/
contents Daya tarik seksual (utamanya fitur tubuh perempuan) telah menjadi salah satu strategi yang ampuh dalam mengkomunikasikan suatu produk! Dari sekian banyak media, televisi dipandang cukup representatif, karena mampu menciptakan imajinasi sekaligus ketertarikan dalam waktu yang hampir bersamaan. Hal ini tak lepas dari karakteristik televisi yang mampu menyajikan pesan secara audio visual. Kepentingan komersial tersebut memungkinkan perempuan ‘dimanfaatkan’ sebagai sarana untuk mengejar keuntungan dalam meraih pangsa pasar besar. Pada akhirnya memunculkan permasalahan gender, dimana sering dibicarakan dengan menempatkan perempuan sebagai subyek pusat perhatian. Permasalahan gender biasa dilihat sebagai kisah malang perempuan yang termarjinalkan. Karena proses komodifikasi yang digerakkan oleh kapitalisme pada hakekatnya bersifat patriarkhi. Komodifikasi perempuan berlangsung di ruang publik, diangkat sebagai informasi media. Memperlakukan tubuh perempuan sebagai komoditas terjadi secara tidak langsung dengan menjadikan perempuan sebagai teks dalam proses pasar media. Bahkan pada produk yang tidak ada kaitannya secara langsung dengan fitur tubuh perempuan sekalipun. Dalam penelitian ini, Tim Tam Slam dan Tim Tam Crush menjadi sampel penelitian. Dimana TVC produk tersebut secara eksplisit menonjolkan sensual approach dalam pemasarannya.
id IOS3126.15523
institution Universitas Kristen Petra Surabaya
institution_id 48
institution_type library:university
library
library Pusat Penelitian Universitas Kristen Petra
library_id 346
collection Scientific Repository Petra Christian University
repository_id 3126
subject_area Arsitektur
Ekonomi
Kesusastraan
city KOTA SURABAYA
province JAWA TIMUR
repoId IOS3126
first_indexed 2016-09-23T02:36:44Z
last_indexed 2023-05-16T03:27:19Z
recordtype dc
_version_ 1766020611023306752
score 17.13294