Model Rule: Multilevel And Multidimension Association Rule untuk Analisa Market Basket Pada PT. Maha Agung

Main Authors: Budhi, Gregorius S., Yulia, Yulia, Abadi, Budiwati
Format: Article PeerReviewed application/pdf
Terbitan: , 2010
Subjects:
Online Access: https://repository.petra.ac.id/15099/1/[D%2DD103%2D04]_Model_Rule_Multilevel_And_Multidimension_Association_Rule_untuk_Analisa_Market_Basket.pdf
https://repository.petra.ac.id/15099/
Daftar Isi:
  • PT. Maha Agung adalah sebuah perusahaan distribusi yang memiliki gudang distribusi tersebar di lima daerah yang berbeda. Karena besarnya area pasar, perusahaan bukan hanya membutuhkan informasi keterkaitan antara produknya saja, akan tetapi juga faktor waktu, wilayah pemasaran, profil pelanggan, dan lain sebagainya. Oleh sebab itu model association rule yang dihasilkan oleh metode analisa market basket, yaitu: single level, multilevel serta multidimesion tidak dapat digunakan. Pada penelitian ini diusulkan untuk mengkombinasi dua macam model rule, yaitu: Multilevel Association Rule serta Multidimesional Association Rule menjadi bentuk lain. Aplikasi yang dibuat pada penelitian ini menghasilkan sebuah model association rule baru yang kita namakan "Multilevel And Multidimension Association Rule". Pemanfaatan model association rule baru ini untuk menjawab kebutuhan PT. Maha Agung ini terbukti tepat. Hal ini dapat dilihat dari hasil kuisioner calon pemakai yang cukup baik, yaitu sebesar 89.6%.