Studi komparasi agenda media dan agenda publik dalam pemberitaan program visit Indonesia year 2008 di Kompas dengan teori agenda setting
Main Author: | Paramita, Cempaka |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2009
|
Online Access: |
http://dewey.petra.ac.id/jiunkpe_dg_11487.html https://repository.petra.ac.id/1405/ |
Daftar Isi:
- Agenda setting membuktikan bahwa terdapat hubungan positif antara media agenda dan agenda publik. Dengan demikian, apa yang dianggap penting oleh media, akan dianggap penting oleh publik. Program Visit Indonesia Year 2008 adalah program pariwisata yang dicanangkan pemerintah dalam rangka 100 tahun kebangkitan nasional dengan target tujuh juta wisatawan mancanegara. Kompas telah memuat 34 berita mengenai isu program Visit Indonesia Year 2008 namun terus mengalami penurunan setiap bulannya dan tampaknya isu program Visit Indonesia Year 2008 belum dirasa penting oleh publik Oleh karena itu, penelitian ini untuk membandingkan apa yang dianggap penting oleh Kompas, sebagai media, dan pembaca Kompas, sebagai publik. Hasil penelitian ini menemukan bahwa terjadi perbedaan antara agenda media dan agenda publik. Topik kritik yang dianggap penting oleh Kompas ternyata tidak dianggap penting oleh publik, sedangkan topik agenda wisata yang dianggap penting oleh publik, kurang dianggap penting oleh Kompas.