Hubungan terpaan iklan politik Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) di televisi dengan sikap pemilih pemula Surabaya

Main Author: Halim, Shenny Handayani
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2009
Online Access: http://dewey.petra.ac.id/jiunkpe_dg_11430.html
https://repository.petra.ac.id/1348/
Daftar Isi:
  • Menjelang bergulirnya pemilihan umum 2009, maka mulai bermunculan jenis kampanye baru yaitu dengan menggunakan media televisi iklan sebagai medium kampanye yang baru. Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) sebagai salah satu partai politik baru juga menggunakan medium televisi sebagai sarana berkampanye. Sebagai partai politik yang baru, pemilih pemula adalah bidikan yang sangat menjanjikan yaitu sebesar 25% dari total jumlah pemilih tetap. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan terpaan tayangan iklan politik partai Gerindra dengan sikap pemilih pemula Surabaya. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei dengan pendekatan kuantitatif. Dan berdasarkan pada uji hipotesis yang telah dilakukan, terbukti ada hubungan terpaan iklan politik partai Gerindra dengan sikap pemilih pemula Surabaya. Dan berdasarkan pada hasil penelitian pemilih pemula Surabaya memberikan sikap yang positif terhadap iklan ini.