Upaya Meningkatkan Pengenalan Konsep Bilangan pada Anak Kelompok A Melalui Media Kartu Angka di TK Sosial Samaritania Salatiga Tahun Ajaran 2014/2015
Main Author: | Aritonsena |
---|---|
Other Authors: | Padmomartono, Sumardjono, Soesilo, Tritjahjo Danny |
Format: | Thesis application/pdf |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Program Studi Pendidikan Guru PAUD FKIP-UKSW
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uksw.edu/handle/123456789/9998 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pengenalan konsep bilangan pada anak Kelompok A TK Sosial Samaritania, melalui media kartu angka. Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan lembar observasi dan studi dokumentasi. Jumlah subyek dalam penelitian ini adalah 9 anak terdiri dari 4 anak perempuan dan 5 anak laki-laki. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan pengenalan konsep bilangan melalui media kartu angka. Sebelum tindakan, kemampuan mengenal konsep bilangan anak rendah. Pada siklus I kemampuan mengenal konsep bilangan pada anak kategori baik sebesar 11.11% dan siklus II 88.89%. Dengan demikian penelitian ini dapat dikatakan berhasil, terbukti pada siklus II sebesar 88.89% dari jumlah subyek 9 anak kemampuan mengenal konsep bilangan masuk dalam kategori baik. Berdasarkan hasil analisis data tersebut, maka tujuan penelitian ini telah tercapai.