Pengaruh Penerapan Metode Demonstrasi Terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau dari Perbedaan Jenis Kelamin pada Siswa Kelas II SD Laboratorium Satya Wacana Salatiga Semester 2 Tahun Ajaran 2011/ 2012.
Main Author: | Wahab, Abdul |
---|---|
Other Authors: | Mulyani, Petra Kristi |
Format: | Thesis application/pdf |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP-UKSW
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uksw.edu/handle/123456789/999 |
Daftar Isi:
- Matematika merupakan ilmu yang mendasari perkembangan teknologi modern. Matematika mempunyai peran dalam berbagai disiplin ilmu lainnya, dan memajukan daya pikir manusia. Tetapi dalam kenyataannya matematika masih menjadi salah satu mata pelajaran yang paling ditakuti oleh siswa dikarenakan pembelajaran matematika cenderung menggunakan metode konvensional seperti ceramah untuk mengajarkan teori dan rumus. Salah satu metode pembelajaran yang menerapkan alat peraga pembelajaran yang nyata adalah metode demonstrasi. Metode demonstrasi adalah metode pembelajaran yang menunjukkkan benda atau proses tentang sesuatu yang sedang dipelajari dengan disertai penjelasan singkat dari guru dan peran serta siswa dalam pembelajaran. Peneliti merumuskan masalah sebagai berikut: Apakah terdapat pengaruh penggunaan metode demonstrasi terhadap hasil belajar matematika pada siswa kelas II SD Laboratorium Satya Wacana. Kedua, apakah terdapat pengaruh penggunaan metode demonstrasi terhadap hasil belajar matematika ditinjau dari perbedaan jenis kelamin pada siswa kelas II SD Laboratorium Satya Wacana. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Factorial Design (Desain Faktorial). Yang diteliti adalah proses pelaksanaan pembelajaran, peningkatan yang terjadi dari pretest sampai posttest, pengaruh perbedaan jenis kelamin pada hasil belajar siswa menggunakan metode demonstrasi yang kemudian dibandingkan dengan uji Anova dua jalur. Setelah melaksanakan penelitian dan pengolahan data dapat disimpulkan bahwa penerapan metode demonstrasi dalam pembelajaran matematika berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Begitu pula metode demonstrasi berpengaruh berbeda terhadap hasil belajar antara siswa perempuan dan laki-laki. Siswa laki-laki mempunyai hasil belajar yang lebih tinggi dibandingkan siswa perempuan. Saran dari peneliti, metode demonstrasi dapat digunakan guru dalam kegiatan pembelajaran untuk menciptakan suasana belajar yang aktif dan untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Namun agar pembelajaran demonstrasi dapat berjalan dengan baik, benar dan mencapai hasil maksimal, guru perlu memeriksa kesiapan siswa dan juga alat-alat demonstrasi yang akan digunakan.