Upaya Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Model Pembelajaran Pemecahan Masalah (Problem Solving) Siswa Kelas 3B SD YPK Imanuel Mokmer Distrik Biak Kota Kabupaten Biak Numfor Semester 1 Tahun Pelajaran 2016-2017

Main Author: Womsiwor, Yabal
Other Authors: Mawardi
Format: Thesis application/pdf
Bahasa: ind
Terbitan: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar PSKGDJ FKIP-UKSW , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.uksw.edu/handle/123456789/9986
Daftar Isi:
  • Tidak diijinkan diunggah ke dalam aplikasi Repositori Perpustakaan Universitas dengan alasan tidak layak untuk diterbitkan.
  • Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPA melalui model pembelajaran Pemecahan Masalah (Problem Solving), siswa kelas 3B SD YPK IMANUEL Mokmer Distrik Biak Kota Kabupaten Biak Numfor semester 1 tahun pelajaran 2016-2017. Jenis penelitian ini adalah jenis PTK dengan menggunakan model (Problem Solving) yang dapat meningkatkan hasil belajar muatan IPA pada SD YPK Imanuel Mokmer Distrik Biak Kota Tahun pelajaran 2016/2017. Penelitian terdiri dari 2 siklus ,siklus 1 terdiri dari 3 kali pertemuan dan siklus 2 terdiri dari 3 kali pertemuan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas 3B SD YPK Imanuel Mokmer Distrik Biak Kota yang berjumlah 20 siswa dengan karateriststik yang heterogen Pembelajaran mengacu pada langkah –langkah model problem solving yang terdiri atas lima tahapan yaitu mengindentifikasi permasalahan, membatasi permasalahan, menyusun hipotesis,mengumpulkan data, dan menguji hipotesis dengan membuat simpulan. Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan rata-rata hasil belajar muatan IPA. Pada kondisi awal nilai rata-rata siswa yaitu 62,40 dengan persentase ketuntasan 40%. Pada pembelajaran Siklus 1 dengan memnerapkan problem solving, nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 71,80 dengan persentase ketuntasan 50%. Pada pembelajaran siklus 2 nilai rata-rata siswa 87,15 dengan persentase 100%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model Problem Solving dapat meningkatkan hasil belajar muatan IPA kelas 3B SD YPK Imanuel Mokmer Distrik Biak Kota. Berdasarkan pada hasil penelitian, maka disarankan kepada guru IPA di SD, agar dalam pembelajaran IPA menggunakan model pembelajaran Problem Solving supaya hasil belajar IPA siswa meningkat.