Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV dalam Mata Pelajaran IPA dengan Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Share (TPS) SD YPK Mokmer Tahun Ajaran 2016/2017

Main Author: Rumanasen, Yosef
Other Authors: Radia, Elvira Hoesein
Format: Thesis application/pdf
Bahasa: ind
Terbitan: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar PSKGDJ FKIP-UKSW , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.uksw.edu/handle/123456789/9980
Daftar Isi:
  • Tidak diijinkan diunggah ke dalam aplikasi Repositori Perpustakaan Universitas dengan alasan tidak layak untuk diterbitkan.
  • Penelitian tindakan kelas (PTK) dilakukan pada siswa kelas IV SD YPK Biak Mokmer Biak Tahun Ajaran 2015/2016. Jumlah siswa sebanyak 30 siswa terdiri dari 18 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA menggunakan model pembelajaran Think-Pair-Share. Instrumen pengumpulan data dengan lembar observasi, tes tertulis pilihan ganda. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar IPA pada siswa kelas IV SD YPK Mokmer Biak Tahun Ajaran 2016/2017. Setelah diberikan tindakan pembelajaran koopertif tipe Think-Pair-Share, pada siklus I peningkatan hasil belajar siswa yang ditunjukkan oleh kenaikan persentase ketuntasan belajar siswa. Berdasarkan hasil analisis diketahui bahwa siswa yang tuntas sebelum tindakan adalah 17 (57%). Setelah diberikan tindakan pada siklus I terjadi peningkatan jumlah ketuntasan siswa menjadi 29 siswa (97%). Setelah diberikan tindakan pada siklus II, terjadi lagi peningkatan jumlah ketuntasan menjadi 30 siswa (100%). Dengan kata lain, bahwa upaya peningkatan hasil belajar IPA melalui model pembelajaran Think-Pair-Share, materi Rangka manusia, panca indera dan pemeliharaannya pada siswa kelas IV SD YPK Mokmer Tahun Ajaran 2016/2017,berhasil dilakukan. Jadi, hasil belajar dapat meningkat melalui pembelajaran Think-Pair-Share pada siswa kelas IV YPK Mokmer Tahun Ajaran 2016/2017.