Upaya Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Model Team Game Tournament (TGT) pada Siswa Kelas V SD YPK Silo Ambroben Kabupaten Biak Numfor Semester I Tahun Ajaran 2016/2017
Main Author: | Sanadi, Olga Rita |
---|---|
Other Authors: | Hardini, Agustina Tyas Asri |
Format: | Thesis application/pdf |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar PSKGDJ FKIP-UKSW
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uksw.edu/handle/123456789/9976 |
Daftar Isi:
- Tidak diijinkan diunggah ke dalam aplikasi Repositori Perpustakaan Universitas dengan alasan tidak layak untuk diterbitkan.
- Hasil identifikasi masalah terhadap hasil belajar IPA Siswa Kelas V SD YPK Silo Ambroben Kabupaten Biak Numfor, sebagaian besar masih rendah atau belum mencapai KKM yang ditetapkan ≥ 60. Hal ini disebabkan guru masih menggunakan metode ceramah dalam pembelajaran IPA. Oleh karena itu perlu adanya perbaikan pembelajaran menggunakan model pembelajaran tipe Team Game Tournament (TGT) untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA. Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA Siswa Kelas V SD YPK Silo Ambroben Kabupaten Biak Numfor yang dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing siklus dilaksanakan dalam dua pertemuan. Subyek dalam penelitian ini adalah kelas Siswa Kelas V SD YPK Silo Ambroben Kabupaten Biak Numfor tahun pelajaran 2015-2016 dengan jumlah 36 siswa terdiri dari 25 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dan tes. Teknik analisis data dilakukan dengan cara persentase untuk data kuantitatif seperti hasil belajar siswa, dan dilakukan dengan cara deskriptif untuk data kualitatif seperti hasil observasi guru dan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran tipe Team Game Tournament (TGT) dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada Siswa Kelas V SD YPK Silo Ambroben Kabupaten Biak Numfor. Peningkatan hasil belajar siswa dapat ditunjukkan dari peningkatan ketuntasan hasil belajar siswa yang mencapai KKM ≥ 60. Ketuntasan hasil belajar siswa pada kondisi awal/pra siklus terdapat 6 siswa dengan persentase 16,67 % yang mencapai KKM ≥ 60. Kemudian pada siklus I saat menggunakan model Team Game Tournament (TGT) ketuntasan hasil belajar siswa kelas V SD YPK Silo Ambroben Kabupaten Biak Numfor yang mencapai KKM ≥ 60 terdapat 8 siswa dengan persentase 22,22 %, selanjutnya pada siklus II ketuntasan hasil belajar siswa yang mencapai KKM ≥ 60 meningkat menjadi 31 siswa dengan persentase 86,11% . Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran tipe Team Game Tournament (TGT) dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada organ tubuh manusia dan hewan Siswa Kelas V SD YPK Silo Ambroben Kabupaten Biak Numfor sesuai dengan indikator yang ditentukan.