Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Metode Pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) pada Siswa Kelas 2 SD YPK Silo Ambroben Biak Kabupaten Biak Numfor Propinsi Papua Semester 1Tahun Ajaran 2016 / 2017

Main Author: Kaumfu, Nelince
Other Authors: Wasitohadi
Format: Thesis application/pdf
Bahasa: ind
Terbitan: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar PSKGDJ FKIP-UKSW , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.uksw.edu/handle/123456789/9975
Daftar Isi:
  • Tidak diijinkan diunggah ke dalam aplikasi Repositori Perpustakaan Universitas dengan alasan tidak layak untuk diterbitkan.
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar Matematika dengan pembelajaran kooperatif tipe NHT dan pemanfaatan media gambar pada siswa kelas 2 SD YPK Silo Ambroben Biak kota Kabupaten Biak Numfor . Manfaat yang dapat diperoleh dari penelitian ini adalah sebagai sumbangan yang berguna untuk meningkatkan hasil belajar Matematika kelas 2 SD YPK Silo Ambroben Biak kota. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, analisis dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas 2 SD YPK Silo Ambroben Biak kota Kabupaten Biak Numfor. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan non tes. Sedangkan teknik analisis data adalah analisis diskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini adalah penggunaan pembelajaran kooperatif tipe NHT dan pemanfaatan media gambar dapat meningkatkan hasil belajar Matematika pada siswa kelas 2 SD YPK Silo Ambroben Biak kota. Hal ini dapat dilihat dari nilai hasil belajar siswa selama proses pembelajaran berlangsung yang semakin meningkat. Nilai sebelum perbaikan menunjukkan dari 30 siswa hanya 19 siswa tuntas ( 60%) dan 11 siswa belum tuntas (40%). Setelah tindakan yang dilakukan dapat dilihat hasil belajar pada siklus I meningkat, dari 30 siswa, 19 siswa yang tuntas (63%) dan 11 siswa yang belum tuntas (37%). Hasil belajar pada siklus II pun meningkat. Dari 30 siswa, 30 siswa yang tuntas (100%) dan 0 siswa yang belum tuntas (0%)