Penerapan Model Pembelajaran NHT (Numbered Heads Together) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas 2 SD YPK Imanuel Mokmer Distrik Biak Kota Kabupaten Biak Numfor Tahun Ajaran 2016/ 2017

Main Author: Mamoribo, Martina
Other Authors: Slameto
Format: Thesis application/pdf
Bahasa: ind
Terbitan: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar PSKGDJ FKIP-UKSW , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.uksw.edu/handle/123456789/9971
Daftar Isi:
  • Tidak diijinkan diunggah ke dalam aplikasi Repositori Perpustakaan Universitas dengan alasan tidak layak untuk diterbitkan. Tidak ada scan lembar pengesahan.
  • Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah pembelajaran masih didominansi oleh guru atau guru menjadi pusat perhatian selama proses pembelajaran. Semua informasi bersumber dari guru tanpa adanya upaya siswa untuk menemukan sendiri konsep yang sedang dipelajari. Pada saat pembelajaran siswa hanya duduk mencatat, dan mendengarkan apa yang disampaikan dam sedikit peluang bagi siswa untuk bertanya. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar Matematika pada materi melakukan penjumlahan dan pengurangan sampai 500 bagi siswa kelas 2 (dua) SD YPK Imanuel Mokmer Distrik Biak Kota Kabupaten Biak Numfor, semester 1 Tahun Pelajaran 2016 /2017 melalui penerapan pembelajaran kooperatif tipe NHT (Numbered Heads Together) berbantuan kelompok belajar. Metode yang digunakan dalampenelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus. Masing–masing siklus terdiri dari tahapan perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan dan pengamatan, dan yang terakhir refleksi. subyek penelit iannya adalah siswa kelas 2 SD YPK Imanuel Mokmer Distrik Biak Kota Kabupaten Biak Numfor. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi dan tes. Intrumen yang digunakan adalah lembar observasi dan soal tes. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis deskriptif komporatif yaitu membandingkan hasil pra siklus, hasil siklus 1 dan hasil silklus 2. Hasil penelitian menunjukan bahwa melalui penerapan kooperatif tipe NHT (Numbered Heads Together) berbantuan kelompok belajar dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas 2 pada mata pelajaran matematika materi melakukan penjumlahan dan pengurangan sampai 500 di SD YPK Imanuel Mokmer Distrik Biak Kota kabupaten Biak Numfor semster 1 Tahun Pelajaran 2016 / 2017. Hasil analisa data menunjukan bahwa telah terjadi peningkatan dimana pada saat pra siklus siswa yang telah tuntas KKM adalah 12 siswa atau 45% siklus 1 menjadi 25 atau 85%. Penelitian ini dianggap berhasil karena sudah mencapai indikator kerja yaitu 80% siswa tuntas belajar. Kemudian pada siklus 2 terjadi pula peningkatan yang sama namun tidak terlalu menonjol, karena siswa yang belum tuntas KKMnya sama dengan siklus 1. Adapun ketiga anak tersebut lambat atau lamban dalam pembelajaran operi hitung penjumlahan dan pengurangan. Dengan hasil ini maka disarankan guru kelas 2 SD dapat menerapkan pembelajaran kooperatif tipe NHT (Numbered Heads Together). Untuk pembelajaran matematika, dimana siswa diajarkan untuk berpikir bersama mengerjakan dengan berbantuan kelompok sehingga mereka lebih mudah memahami materi pelajaran.