Upaya Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Model Mind Mapping pada Siswa Kelas 6 SD YPK Rut Yenures Biak Kota Kabupaten Biak Numfor Semester I Tahun Pelajaran 2016 / 2017
Main Author: | Rumanasen, Gerrit |
---|---|
Other Authors: | Mawardi |
Format: | Thesis application/pdf |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar PSKGDJ FKIP-UKSW
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uksw.edu/handle/123456789/9970 |
Daftar Isi:
- Tidak diijinkan diunggah ke dalam aplikasi Repositori Perpustakaan Universitas dengan alasan tidak layak untuk diterbitkan.
- Penelitian in dilakukan di SD YPK RUT YENURES Biak Kota,Kabupaten Biak Numfor.Berdasarkan pengamatan awal ,pada kegiatan belajar mengajar khususnya IPA ,siwa kurang memiliki minat saat mengikuti pembelajaran IPA.Ketika pembelajaran sedang berlangsung siswa pasif hanya menjadi pendengar saja.Hal ini membuat tujuan dari penilitian ini untuk mengetahui apakah model Mind Mapping dapat meningkatkan minat dan hasil belajar siswa kelas 6-b SD YPK RUT YENURES pada mata pelajaran IPA. Penelitian ini adalah penelitianTindakan Kelas (PTK) yang mengikuti model Kurt Lewin yang dilaksanakan dalam 2 siklus .Setiap siklus dilaksanakan 2 kali pertemuan dengan dengan tahapan perencanaan .tindakan . observasi dan refleksi.Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini mengunakan observasi ,angket,dokumentasi.dan tes.Tehnik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis kuantitatif dan kualitatif . Hasil penilitian menunjukkan bahwa penggunaan model Mind Mapping dapat meningkatkan minat dan hasil belajar IPA siswa kelas VI SD semseter I tahun 2016/2017 ,yang nampak pada langkah-langkah ini dalam melaksanakan model Mind Mapping yang terdiri dari ;Siswa menyimak materi,membentuk kelompok berrdasarkan klsifikasi nilai IPA ,membentuk kelompok yang terdiri dari 3-4 siswa ,menerima kartu soal ,menerima nomor peserta,siwa mulai dari nomor 1 dan seterusnya membaca pertanyaan dan jawaban ,siswa memberi skorsing kartu soal dan jawaban,dan mengerjakan tes formatif dapat berjalan dengan baik. Minat belajar yang berlangsung dalam pembelajaran IPA nampak pada pra siklus bahwa tidak tidak dilakukan penskoran minat ,pada siklus 1 minat belajar yang mencapai kriteria tinggi sebesar 85% dan pada siklus 2 mencapai 100% dari seluruh siswa yang ada.Sedangkan hasil belajar yang merupakan total skor dari minat dan tes juga mengalami peningkatan,yang nampak pada presentase ketuntasan belajar pada pra siklus yaitu 60% dengan rata-rata 74,75 dan pada siklus 1 ketuntasan belajar mencapai 80% rata-rata 71,22.Sedangkan pembelajaran pada siklus 2 mancapai 100% dengan rata-rata 74,6. Saran,Guru diharapkan berkomidmen melakasanakan pepmeblajaran model Mind Mapping,sehingga miinat belajar siswa meningkat dan hasil belajar mencapai ketuntasan dengan skor yang optimal.