Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPA Melalui Model Numbered Heads Together pada Siswa Kelas IV SD YPK Rut Yenures Kabupaten Biak Numfor Semester I Tahun Ajaran 2016/2017

Main Author: Adadikam, Daud Kornelis
Other Authors: Wardani, Krisma Widi
Format: Thesis application/pdf
Bahasa: ind
Terbitan: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar PSKGDJ FKIP-UKSW , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.uksw.edu/handle/123456789/9963
Daftar Isi:
  • Tidak diijinkan diunggah ke dalam aplikasi Repositori Perpustakaan Universitas dengan alasan tidak layak untuk diterbitkan.
  • Penelitian tindakan kelas dilakukan pada siswa kelas IV SD YPK Rut Yenures Biak Kota Kabupaten Biak semester I tahun ajaran 2016/2017. Jumlah siswa sebanyak 21 orang yang terdiri dari 13 siswa laki-laki dan 8 siswa perempuan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar menggunakan model NHT pada siswa kelas IV SD Rut Yenures Kabupaten Biak Numfor semester I tahun ajaran 2016/2017. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan sebanyak dua siklus. Dalam setiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, evaluasi dan refleksi. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan tes tertulis untuk menghitung peningkatan hasil belajar IPA siswa. Peningkatan hasil belajar siswa terjadi secara bertahap, dimana hasil belajar siswa pada prasiklus hasil belajar siswa 23%, siklus I 57%, siklus II 85%. Dengan demikian pembelajaran dikatakan berhasil 85% > 70% dari indikator keberhasilan. Hal ini menunjukan bahwa pembelajaran menggunakan model NHT dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Rut Yenures Kabupaten Biak Numfor tahun ajaran 2016/2017.