Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Menggunakan Model Cooperatif Tipe Think Pair Share Berbantu Media Gambar Siswa Kelas 5/A SD YPK Rut Yenures Kecamatan Biak Kota di Kabupaten Biak Numfor Tahun 2016/2017

Main Author: Mofu, Dance
Other Authors: Harjono, Nyoto
Format: Thesis application/pdf
Bahasa: ind
Terbitan: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar PSKGDJ FKIP-UKSW , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.uksw.edu/handle/123456789/9962
Daftar Isi:
  • Tidak diijinkan diunggah ke dalam aplikasi Repositori Perpustakaan Universitas dengan alasan tidak layak untuk diterbitkan.
  • Tujuan penelitian dalam penulisan ini adalah meningkatakan hasil belajar IPS dengan pembelajaran kooperatif Think Pair Share pada siswa kelas 5 semester I SD YPK Rut Yenures kecamatan Biak Kota Kabupaten Biak Numfor tahun ajaran 2016/2017. Penelitian ini merupakan penelitian Tindakan Kelas (PTK) adalah penelitian tindakan dalam bidang pendidikan yang dilakukan oleh kawasan kelas dengan tujuan untuk memperbaiki atau meningkatkan kualitas pembelajaran. Penelitian menggunakan jenis PTK kolaboratif. PTK kolaboratif yaitu kerja sama antara peneliti dengan guru kelas. Sebelum pelaksanaan penelitian tindakan kelas ini, guru melakukan proses pembelajaran dengan mengunakan metode ceramah dan diskusi interaktif. Dengan metode ini siswa lebih banyak mendengarkan penjelasan dari guru serta kebanyakan siswa lebih pasif. Karena tidak di beri kesempatan memberikan pendapat sesuai dengan temuan yang mereka temukan. Kemudian di akhir pembelajaran guru memberikan soal evaluasi dan siswa di minta untuk mengerjakan. Hasilnya hanya 33% siswa yang memenuhi kritreria ketuntasan minimal (KKM) yang telah di tetapkan sebelumnya yakni > 60. Selanjutnya peneliti dan guru kelas berkolaborasi mencari penyebab 67% siswa yang nilainya masih dibawah KKM. Masalah yang di temukan yakni tingkat pemahaman siswa terhadap materi pembelajaran masih rendah. Dari 30 siswa yang berani mengajukan pertanyaan hanya 4 siswa tentang materi yang di sampaikan, serta pembelajaran lebih di dominasi oleh peran guru karena metode yang di gunakan adalah ceramah dan diskusi interaktif. Maka peneliti dan guru mengambil kesimpulan untuk meningkatkan pemahaman siswa dalam pembelajaran kooperatif tipe think – pair – share. Target ketuntasan hasil belajar siswa pun dinaikan menjadi 80% dari 30 siswa yang melebihi KKM > 60. Jika Jumlah siswa belum mencapai 80% maka belum tuntas dalam belajar.