Penggunaan Numbered Heads to Gether untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas I SD Inpres Sawa Distrik Oridek Kabupaten Biak Numfor Semester I Tahun Pelajaran 2015/2016

Main Author: Wader, Yulda
Other Authors: Sumiyarso
Format: Thesis application/pdf
Bahasa: ind
Terbitan: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar PSKGDJ FKIP-UKSW , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.uksw.edu/handle/123456789/9957
Daftar Isi:
  • Tidak diijinkan diunggah ke dalam aplikasi Repositori Perpustakaan Universitas dengan alasan tidak layak untuk diterbitkan.
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah model pembelajaran kooperatif NHT dapat meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia di kelas 1. NHT merupakan kegiatan pembelajaran yang bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan tanggung jawab siswa. Metode yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah dengan pendekatan penelitian tindakan Kelas (PTK). Alat pengumpul data yang digunakan terdiri dari Instrumen pembelajaran, Evaluasi (tes) serta instrument observasi bagi guru dan bagi siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SD Inpres Sawa dalam 2 siklus pembelajaran dan setiap siklus terdiri dari 1x pertemuan. Subjek yang di teliti adalah siswa kelas 1 SD Inpres Sawa Distrik Oridek Kabupaten Biak Numfor yang berjumlah 12 siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa sebelum perbaikan pembelajaran siswa yang tuntas KKM >60 hanya 4 siswa dari 12 siswa (33,4%) pada perbaikan pembelajaran siklus 1 siswa yang tuntas KKM 60 meningkat menjadi 8 siswa (66,6%) pada perbaikan pembelajaran siklus 2 siswa yang tuntas KKM .60% meningkat lagi menjadi 10 siswa (83,2%), masih ada 2 siswa (16,2%) yang belum tuntas. Penerapan model pembelajaran kooperatif NHT dapat meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas 1 SD Inpres Sawa Distrik Oridek Kabupaten Biak Numfor. Dengan demikian saran bagi guru bahwa model pembelajaran kooperatif NHT dapat dipilih sebagai alternatif dalam pembelajaran Bahasa Indonesia dikelas