Penggunaan Talking Stick untuk Meningkatkan Hasil Pembelajaran Matematika pada Siswa Kelas 1 SD YPK Ambroben Distrik Biak Kota Kabupaten Biak Numfor Semester 1 Tahun Pelajaran 2015/2016

Main Author: Ayer, Rosalina
Other Authors: Susiyanto
Format: Thesis application/pdf
Bahasa: ind
Terbitan: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar PSKGDJ FKIP-UKSW , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.uksw.edu/handle/123456789/9951
Daftar Isi:
  • Tidak diijinkan diunggah ke dalam aplikasi Repositori Perpustakaan Universitas dengan alasan tidak layak untuk diterbitkan.
  • Berdasarkan rumusan masalah maka tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa kelas 1 SD YPK Ambroben Distrik Biak Kota Kabupaten Biak Numfor Semester 1 Tahun 2015-2016 dengan menggunakan Talking Stick. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindak Kelas dengan model Kemmis dan Mc Taggart dimana dalam satu siklus terdapat empat tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Penelitian bertempat di SD YPK Ambroben Distrik Biak Kota Kabupaten Biak Numfor. Subyek dalam peniltian ini adalah siswa kelas I SD YPK Ambroben Distir Biak Kota Kabupaten Biak Numfor, Provinsi Papua, tahun pelajaran 2015/2016 jumlah siswa di kelas tersebut sebanyak 34 siswa. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kegiatan pembelajaran di kelas I SD YPK Amroben setelah menggunakan model talking stick pada mata pelajaran Matematika. Persentase ketuntasan pada siklus I adalah 59%, sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 86%. Meskipun penelitian ini sudah mencapai indikator kinerja yaitu 86%, namun masih ada 14% atau 3 orang siswa yang belum mencapai KKM. Hal ini dikarenakan ketigan orang tersebut lamban untuk menerima materi, dan memang ketiganya memang dibawah rata-rata nilai akademisnya.