Penggunaan Model Koperatif Student Teams Achievement Division (STAND) untuk Menigkatkan Hasil Belajar IPA pada Siswa Kelas V SD YPK Ambroben Distrik Biak Kota Kabupaten Biak Numfor Semester 1 Tahun Pelajaran 2015/2016

Main Author: Koibur, Paulina Merry
Other Authors: Slameto
Format: Thesis application/pdf
Bahasa: ind
Terbitan: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar PSKGDJ FKIP-UKSW , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.uksw.edu/handle/123456789/9948
Daftar Isi:
  • Tidak diijinkan diunggah ke dalam aplikasi Repositori Perpustakaan Universitas dengan alasan tidak layak untuk diterbitkan.
  • Hasil observasi di SD YPK Ambroben kelas V pada mata pelajaran IPA menunjukan nilai siswa masih banyak yang dibawah KKM. Nilai KKM yang ditentukan yaitu 60, metode yang digunakan selama ini adalah metode ceramah, sehingga interkasi siswa menjadi kurang. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk membantu meningkatkan hasil belajar siswa kelas 5 khususnya pada mata pelajaran IPA. Hasil belajar siswa yang diharapkan yaitu dapat mencapai KKM atau lebih dari 60. Untuk mewujudkan tujuan tersebut, peneliti menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dalam pembelajaran STAD ini, siswa dibagi menjadi beberapa kelompok dan setiap kelompok beranggotakan 4 orang. 2 orang ditugakan untuk mendatangi kelompok lain untuk menggali informasi dan 2 orang lainnya tinggal didalam kelompoknya. Dari Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pembelajaran IPA dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pokok bahasan perubahan sifat benda di kelas 5 SD YPK Ambroben tahun ajaran 2015/2016. Proses pembelajaran IPA pada pokok behasan “Perubahan sifat benda” menggunakan metode STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Peningkatan hasil belajar tersebut dapat dilihat dari perbandingan siklus I dan siklus II. Kondisi awal siswa atau siklus I, 13 siswa atau sekitar 50,75% siswa belum mencapai KKM, dan 10 siswa atau sekitar 20,25 siswa mencapai KKM.