Penggunaan Metode Jigsaw untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika pada Siswa Kelas 6 SD YPK Mnurwar Distrik Oridek Kabupaten Biak Numfor Semester 1 Tahun Pelajaran 2015 - 2016
Main Author: | Rumkabas, Obeth |
---|---|
Other Authors: | Purba, Romirio Torang |
Format: | Thesis application/pdf |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar PSKGDJ FKIP-UKSW
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uksw.edu/handle/123456789/9943 |
Daftar Isi:
- Tidak diijinkan diunggah ke dalam aplikasi Repositori Perpustakaan Universitas dengan alasan tidak layak untuk diterbitkan.
- Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah hasil belajar Matematika siswa rendah, pembelajaran yang digunakan guru masih bersifat konvensional dan teacher center, kerjasama siswa dalam kelompok belum efektif. Untuk memecahkan masalah ini maka diterapkan Jigsaw. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah penerapan jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran Matematika kelas 6 SD YPK Mnurwar semester 1 tahun pelajaran 2015/2016. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar Matematika dengan menerapkan metode Jigsaw. Berdasarkan rumusan masalah yang telah diungkapkan, maka hipotesis tindakan dalam penelitian ini adalah penerapan Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar Matematika siswa kelas 6 SD YPK Mnurwar semester 1 tahun pelajaran 2015/2016. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas model Kemmis dan Mc Taggart terdiri dari dua siklus, masing-masing siklus terdiri atas 4 tahap yaitu perencanaan (planning), pelaksanaan tindakan (acting), pengamatan (observing), dan refleksi (reflecting). Subjek penelitian adalah siswa kelas 6 SD YPK Mnurwar yang berjumlah 32 siswa terdiri dari 10 siswa laki-laki dan 8 siswa perempuan. Data diperoleh melalui teknik tes dan observasi. Instrumen yang dipakai adalah lembar observasi dan lembar tes hasil belajar. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis uji ketuntasan dan analisis deskriptif komparatif. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar Matematika. Pada hasil belajar Matematika, ketuntasan siswa pada siklus I adalah 72,22% siswa tuntas dan pada siklus II meningkat dengan 88,88% siswa tuntas. Hasil telah mencapai indicator yaitu 80% siswa tuntas. Dengan demikian penerapan Jigsaw dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar Matematika siswa kelas 6 SD YPK Mnurwar.