Upaya Peningkatan Hasil Belajar IPA Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe JIGSAW pada Siswa Kelas 5 SD YPK Sion Soon Distrik Biak Timur Kabupaten Biak Numfor-Provinsi Papua Semester I/2015-2016
Main Author: | Warnares, Nataniel |
---|---|
Other Authors: | Mawardi |
Format: | Thesis application/pdf |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar PSKGDJ FKIP-UKSW
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uksw.edu/handle/123456789/9936 |
Daftar Isi:
- Tidak diijinkan diunggah ke dalam aplikasi Repositori Perpustakaan Universitas dengan alasan tidak layak untuk diterbitkan.
- Penelitian tindakan kelas ini dilatarbelakangi rendahnya hasil belajar IPA siswa kelas 5 SD YPK Sion Soon Distrik Biak Timur Kabupaten Biak Numfor semester 1 tahun 2015/2016 yang menunjukkan bahwa presentase ketuntasannya hanya 33%. Berdasarkan latar belakang masalah maka rumusan masalah pada penelitian ini yaitu apakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe JIGSAW dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas 5 SD YPK Sion Soon. Sedangkan tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa SD YPK Sion Soon melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe JIGSAW. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 5 SD YPK Sion Soon Distrik Biak Timur Kabupaten Biak Numfor Provinsi Papua yang berjumlah 9 siswa. Penelitian ini menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe JIGSAW. Teknik pengumpulan data yang di gunakan berupa tes, observasi dan dokumentasi dengan instrument pengumpulan data berupa tes tertulis, lembar observasi aktifitas guru dan siswa. Analisis data dilakukan melalui 2 tahapan yakni analisis ketuntasan dan analisis komparatif. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe JIGSAW dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas 5 SD YPK Sion Soon. Hal ini dibuktikan jumlah siswa yang tuntas pada siklus 1 sebanyak 5 orang siswa atau 56% dari 9 siswa. Sedangkan pada Siklus II semua siswa telah mencapai ketuntasan belajar (KKM). Saran yang diberikan adalah hendaknya guru menggunakan model dan media pembelajaran seoptimal mungkin untuk meningkatkan kemampun membaca permulaaan peserta didik dengan menggunakan model pembelajaran Jigsaw.